10 Prospek Kerja Lulusan Multimedia Lengkap dengan Gajinya

Mengikuti perkembangan teknologi, media pun turut hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari media cetak hingga media digital. Keperluan membentuk kemasan media baru ini menciptakan peluang kerja yang luas bagi lulusan jurusan multimedia.

Oleh karena itu, tak heran jika jurusan yang satu ini menjadi salah satu jurusan yang banyak peminatnya.

Agar lebih mudah memahami apa saja peluang pekerjaan untuk lulusan SMK multimedia, kamu dapat mengikuti penjelasan di bawah ini.

Prospek Kerja Jurusan Multimedia

1. Video editor

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 3.5 juta-5 juta lebih per bulan, prospek kerja multimedia yang satu ini bisa menjadi rekomendasi buat kamu.

Menggeluti profesi ini artinya kamu bertugas untuk menyunting dan melakukan berbagai proses editing video, ataupun konten video yang nantinya akan dimuat di website maupun platform tertentu.

Sebagai video editor, kamu juga bertanggung jawab dalam memilih, merangkai maupun memanipulasi beberapa materi video yang direkam untuk kemudian dijadikan satu video utuh.

2. Cameramen

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 2.5 juta per bulannya, profesi ini tidak kalah menariknya untuk kamu pertimbangkan.

Bekerja sebagai cameramen, artinya kamu bertanggung jawab dalam mengoperasikan kamera dan merekam sesuai arahan produser atau pun sutradara. Untuk menjadi cameramen kamu bisa bekerja di industry film atau televise.

3. Sound effect maker

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 2 juta-5 juta, prospek kerja yang satu ini juga sangat cocok buat kamu lulusan jurusan multimedia.

Berkerja sebagai sound effect maker, artinya kamu bertanggung jawab untuk menciptakan efek suara buatan.

Efek suara tersebut nantinya akan dibutuhkan dalam sebuah konten video atau film. Untuk membuat efek suara biasanya pekerja sound effect maker akan menggunakan software atau aplikasi audio di PC maupun komputer.

4. Music composer

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 4 juta-6 juta, pekerjaan ini sangat direkomendasikan buat kamu lulusan multimedia.

Memilih prospek kerja berikut ini, artinya kamu akan memiliki tanggung jawab menciptakan hasil karya musik. Istilah composer ini mengacu kepada seseorang yang menulis komposisi musik instrumental atau vocal dalam format solo, duo, trio dan seterusnya.

5. Desainer grafis

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 2.5 juta-4 juta, profesi ini bertugas menciptakan ilustrasi, fotografi, tipografi atau grafis motion, baik untuk media cetak, elektronik maupun penerbit.

Seseorang yang berkerja di bidang ini bertugas atas tampilan pada media promosi sebuah produk atau jasa.

6. Youtuber

Berbicara tentang gaji, perhitungan gaji seorang youtuber biasanya dihitung menggunakan rumus cost per mille dari video dalam satu channel youtube. Youtuber merupakan seseorang atau sekelompok orang yang memiliki channel youtube.

Sebagai youtuber kamu bertugas membuat konten atau video yang nantinya akan ditayangkan dichannel youtube yang kamu miliki. Tak hanya itu, kamu juga bertugas untuk mencari subscribers sebanyak-banyaknya

7. Illustrator

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 2.5 juta-4 juta, profesi illustrator bertanggung jawab untuk menciptakan dan menyediakan gambar ilustrasi dalam memperjelas maksud suatu tulisan tertentu sehingga terlihat lebih menarik. Termasuk di dalamnya novel, majalah, buku, koran, iklan maupun poster.

Itulah beberapa prospek kerja lulusan multimedia lengkap dengan kisaran gajinya. Semoga bermanfaat, ya!

Komentar

Postingan Populer