Rekomendasi Aplikasi Multimedia Untuk PC dan Laptop


Tahukah kamu? Kini, aplikasi multimedia sangat banyak digunakan untuk membantu membuat sebuah sesuatu yang menarik untuk menginformasikan sesuatu.


Jika dulunya sebelum televisi diciptakan, hanya berupa radio, koran, ataupun majalah. Namun berbeda jauh dengan saat ini.


Zaman sekarang, tehnologi sudah mengalami kemajuan dan perkembangan, multimedia tak lagi hanya berbentuk media cetak, namun juga sudah berbentuk gambar, video, teks, video, musik, dan bahkan animasi dengan tujuan mentransmisikan informasi.


Lantas, apa saja sih jenis aplikasi multimedia yang dapat digunakan di PC atau laptop? Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.


Rekomendasi Aplikasi Multimedia Untuk PC dan Laptop


1. Windows Movie Maker

Aplikasi multimedia pertama yang banyak digunakan di Pc atau laptop yakni Windows Movie Maker, yakni sebuah apliksi pembuat video yang mudah dan gampang.


Ada berbagai macam efek transisi yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu juga bisa menambahkan gambar, audio, serta mengatur durasi video sesuai dengan keinginan kamu. 


Tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan uang jika ingin menggunakan aplikasi ini karena Windows Movie Maker bisa kamu unduh secara gratis.


2. Windows Media Player

Tak hanya Windows Movie Maker saja, aplikasi multimedia berikutnya yang juga dapat kamu pakai di PC atau laptop adalah Windows Media Player


Aplikasi Windows Media Player merupakan salah satu aplikasi dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. 


Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk memutar segala macam bentuk multimedia seperti foto, audio, dan juga video.


Windows Media Player mendukung berbagai macam format, mulai dari WMA, MP4, WMV, MP3, dan lain sebagainya. Aplikasi Windows Media Player ini biasanya sudah ada di laptop kamu, jika kamu menggunakan sistem operasi Windows.


Namun, jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa berjalan dan berfungsi di sistem operasi Windows saja ya.


3. Winamp

Selain aplikasi Windows Media Player, aplikasi multimedia berikutnya yang mendungkung untuk di aplikasikan di laptop atau PC adalah Winamp.


Winamp merupakan salah satu aplikasi multimedia yang sebagian besar mendukung format audio dan video serta sync ke pemutar media portable. 


Aplikasi Winamp ini merupakan hasil pekerjaan Nullsoft, yang sekarang adalah suatu cabang Time Warner.


Winamp adalah perangkat lunak freeware atau shareware yang bisa memainkan berbagi codec dan tipe audio bahkan kamu juga bisa melakukan kostumisasi. Aplikasi ini juga mendukung penggunaan plug-in yang bisa membuat kualitas sound audio atau video kamu menjadi lebih baik. Namun sayangnya aplikasi ini berjalan agak sedikit lambat.


4. VLC Media Player

Aplikasi multimedia pemutar audio dan video lainnya adalah VLC Media Player. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaik di multimedia bebas blok. Aplikasi VLC Media Player ini sangat portable dan mendukung berbagai format audio dan video.


Jika kamu penikmat film, kamu bisa menambahkan subtitle secara terpisah dengan sangat mudah di VLC Media Player ini. Kamu juga bisa melakukan konversi file media serta protokol streaming. Tampilan antarmukanya yang ringan dan fleksibel membuat aplikasi ini disukai oleh para penggunanya.


5. Adobe Photoshop

Siapa sih yang tak mengenal Adobe Photoshop? Aplikasi yang satu ini memang masuk kedalam salah satu contih aplikasi multimedia yang banyak digunakan untuk mengolah gambar hingga memanipulasi foto.


Dalam aplikasi Adobe Photoshop, terdapat begitu banyak fitur yang sangat menarik yang dapat digunakan dengan mudah dan tak ribet pastinya. Tak heran, Adobe Photoshop dikenal sebagai salah satu aplikasi berbasis multimedia yang sangat terkenal dikalangan masyarakat, khususnya bagi mereka yang merupakan golongan fotografer.


Hal ini membuat Adobe Photoshop mengeluarkan beberapa varian yang dapat kamu download langsung di PC atau Labtop milik kamu. Beberapa diantaranya yaitu Photoshop CS, Photoshop CS2, Photoshop CS3, hingga Photoshop versi terbaru yaitu Photoshop 2021.

Komentar

Postingan Populer