Lulusan SMK Multimedia? Ini Dia Jurusan Kuliah Yang Harus Kamu Pilih

Jikalau sebelumnya kamu adalah lulusan SMK multimedia dan menyukai dengan penggunaan komputer, maka kamu akan cocok dengan beragam jenis pekerjaan ke depannya. Kamu perlu lanjut kuliah untuk mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan beragam lagi.

Kuliah merupakan salah satu jenjang pendidikan lanjutan yang bisa kamu jalani setelah lulus dari tingkat SMA/SMA. Berbeda dengan SMA/SMK, jenjang kuliah memberikan kamu pilihan  jurusan yang sangat beragam untuk dipilih.

Jikalau merupakan lulusan SMK mulitmedia, ada baiknya jurusan yang kamu pilih berhubungan dengan apa yang kamu pelajari saat sekolah dulu. Dengan melanjut ke jurusan yang berhubungan dengan yang dipelajari saat SMK, maka ilmu yang kamu terima dan terapkan akan semaki dalam.

Lalu, apa saja jurusan Kuliah untuk lulusan SMK Multimedia? Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord pingal ketika menyimak ulasan ini. Simak deretan jurusan di bawah ini:

1. Ilmu Komputer

Untuk lulusan SMK Multimedia, kamu bisa memilih Ilmu Komputer sebagai jurusan yang cukup direkomendasikan. Saat kuliah, jurusan ini akan membantu kamu mempelajari berbagai macam barang yang ada di perangkat lunak dan keras.

Jurusan yang kamu pilih ini akan membantu kamu memperdalam ilmu sains dan fokus di bidang perkomputeran. Kamu akan dituntut untuk lebih telisi dan harus belajar serta bekerja lebih terstruktur. Kamu bisa mempunyai pekerjaan sebagai seorang programmer, software developer, dan web designer.

2. Sistem Multimedia

Jurusan yang satu ini berfokus pada penguasaan keahlian di bidang teknologi multimedia dan konten multimedia dalam terdistribusi. Para mahasiswa akan dibekali dengan penguasaan tentang semua hal yang berbau perangkat multimedia.

Jikalau kamu penyuka game di smarthphone dan merasa paling update dengan teknlogi multimedia, maka jurusan ini akan sangat cocok untuk kamu.

3. Film dan Televisi

Jikalau memilih jurusan yang satu ini, kamu akan mempelajari cara untuk menciptakaan bentuk-bentuk di dalam audio visual secara lengkap beserta dengan progres yang ada. Kamu bisa mempelajari pembuatan film hingga dengan tahap penilaian.

Ketika kuliah di jurusan ini, keahlian praktikal dan pembuatan film kamu akan diasah, seperti mengedit rekaman dan cara menggunakan kamera. Keahlian lainnya yang didapati dari jurusan ini berupa manajemen proyek, kemampuan komunikasi, dan cara meriset.

Kamu akan dituntut untuk kreatif dan berpikir kritis. Kemampuan mengatur waktu dserta teknikal yang baik juga dibutuhkan di Jurusan Televisi dan Film.

4. Sistem Komputer

Untuk yang menyukai basic komputer, ada baiknya kamu memilih jurusan komputer saat kuliah. Materi yang ditawarkan dalam jurusan ini lebih mengarah pada gabungan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Sesekali kamu akan mempelajari perangkat komputer beserta berbagai amcam sistem komunikasi, coding yang mengikut ke perkembangan zaman, serta jaringan.

Jurusan ini akan membantu kamu untuk memeplajari cara merancang dan membangun otak komputer, atau alat elektronik lainnya, yang berguna untuk mengontroln jalannya sistem. Contoh dari otak kompute itu sendiri berupa processor atau chip yang terdapat dalam motherboard.

Jurusan ini mempunyai prospek kerja yang sangat luas loh di Indonesia, salah satunya menjadi seorang programmer dan IT consultant lho.

5. Desain Komunikasi Visual

Sesuai dengan namanya, jurusan ini karena berfokus pada hal desain. Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang ilmu desai yang berfokus pada konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media.

Adapun tujuannya berupa pemanfaatan elemen-elemen visual dalam menyampaikan pesan atau tujuan tertentu. Untuk hal yang dipelajari cukup beraga,. Seperti mengembangkan bahasa, mengolah pesan dan lainnya.

Untuk cakupan pekerjaan jurusan DKV ini sendiri cukup luas, yaitu seperti label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa, dsb.

Komentar

Postingan Populer