Multimedia: Pengertian, Elemen, Jenis dan Manfaatnya

 

Dewasa ini,  sebagian besar orang pasti sudah sangat sering mendengar istilah multimedia. Pasalnya, multimedia kini telah merambah ke segala bidang, mulai dari bidang pendidikan, bisnis, kesehatan dan lain sebagainya.

Pengertian Multimedia

Multimedia sendiri berasal dari dua kata yakni multi dan media, multi dapat diartikan sebagai banyak sedangkan media berarti alat atau perantara. Jika digabungkan maka multimedia memiliki makna melibatkan banyak media.

Dapat diartikan juga bahwa multimedia adalah interaksi teks, suara, gambar, animasi dan video yang dapat di sajikan melalui penggunaan komputer dengan bantuan alat/ aplikasi. Disini bisa digambarkan bahwa multimedia merupakan suatu kombinasi data atau media yang dapat digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi sehingga informasi tersebut dapat tersaji lebih menarik.

Selain itu, menurut Vaugan (2008), Multimedia adalah kombinasi dari berbagai media yang kemudian disampaikan menggunakan komputer atau alat elektronik dan dengan manipulasi digital.

Elemen Multimedia

1. Teks

Teks merupakan salah satu komponen multimedia yang sangat ampuh dan jelas dalam penyampaian informasi. Penggunaan teks misalnya digunakan pada judul menu, menu-menu, dan tombol. Teks dibagi menjadi dua tipe yaitu serif dan sans serif. Serif memiliki dekorasi kecil pada akhir setiap huruf. Serif biasanya digunakan untuk dokumen. Sedangkan sans serif sering digunakan pada tampilan komputer.

2. Gambar

Gambar merupakan komponen multimedia yang dapat menyampaikan informasi lebih menarik. Gambar sangat berguna untuk menyampaikan informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Gambar yang dihasilkan oleh komputer terbagi menjadi dua, yaitu Bitmaps dan Vector-drawn.

3. Suara

Suara merupakan komponen yang paling mengena oleh panca indera manusia. Suara dapat memberikan kesenangan seperti dalam mendengarkan musik, atau dapat memberikan suasana yang dapat mengubah mood seseorang.

4. Animasi

Animasi merupakan komponen multimedia yang dapat membuat suatu gambar atau tulisan terlihat lebih hidup dengan menampilkan potongan-potongan gambar yang berganti-ganti secara cepat. Selain itu animasi juga dapat membuat slide presentasi menjadi lebih menarik. Contoh animasi seperti tweening, fade in, fade out, zoom in, zoom out, dan sebagainya.

5. Video

Video merupakan komponen multimedia yang terdiri dari gambar-gambar dan bergerak dengan sangat cepat secara berurutan. Video merupakan komponen paling menarik dalam multimedia, dan video juga memiliki kekuatan untuk membawa pengguna komputer lebih dekat ke kehidupan nyata.

Dengan menambahkan komponen video di dalam project, dapat menyampaikan pesan dan memperkuat cerita. Selain itu orang-orang yang melihat video cenderung dapat mengingat lebih dari yang mereka lihat.

Jenis Multimedia

1. Multimedia interaktif artinya pengguna dapat melakukan kontrol dan mengakses berbagai elemen dalam multimedia untuk nantinya akan ditampilkan. Seperti, game, website, hingga multimedia pembelajaran

2. Multimedia linier artinya pengguna hanya dapat menjadi penikmat dan penonton pada produk multimedia. Seperti, televisi, film, koran, dan sejenisnya

3. Multimedia hiperaktif maksudnya adalah jenis ini memiliki struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Seperti, world wide web, website, game online.

Manfaat Multimedia

Setelah mengetahui elemen dan jenis-jenis multimedia, Kamu tentu wajib juga mengetahui manfaat dari multimedia. Beberapa manfaat tersebut, yakni:

1. Manfaat Multimedia Dalam Bidang Kesehatan

Multimedia dalam bidang kesehatan bermanfaat bagi para petugas medis yaitu untuk melihat detak jantung, tekanan darah, ataupun melihat organ-organ dalam pasien sehingga informasi yang ditampilkan bisa lebih informatif dan detail.

2. Manfaat Multimedia Dalam Bidang Bisnis

Dalam dunia bisnis, hal yang sangat penting dalam mengenalkan suatu produk atau layanan adalah bagaimana mengemasnya dengan lebih informatif dan menaik. Dengan begitu maka pelanggan atau mitra bisnis yang menjadi sasaran bisa langsung mengerti, memahami dan tertarik dengan produk atau layanan yang telah kita tawarkan.

3, Manfaat Multimedia Dalam Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan manfaat multimedia sangat banyak, selain bisa digunakan sebagai alat bantu guru dalam penyampaian materi pelajaran, multimedia juga bisa digunakan untuk meningkatkan fokus siswa dalam memahami isi materi pelajaran.

Selain itu multimedia juga bisa memberikan kesan materi pelajaran yang terkesan lebih canggih dan penuh dengan ilmu pengetahuan. Multimedia juga bisa menjadi sarana hiburan sehingga kegiatan belajar mengajar bisa lebih interaktif dan lebih menyenangkan.

4. Manfaat Multimedia Dalam Bidang Perbankan

Dalam bidang perbankan multimedia berfungsi untuk menampilkan informasi yang menarik dan lebih informatif. Misalnya untuk menampilkan informasi kurs mata uang, pengenalan fitur-fitur layanan, pengumuman, dan lain-lain.

5. Manfaat Multimedia Dalam Bidang Transportasi

Dalam bidang transportasi, multimedia sangatlah bermanfaat. Misalnya untuk menampilkan informasi jadwal pemberangkatan, jadwal penerbangan dan informasi penting yang lainnya. Dengan adanya multimedia, kru transportasi, para penumpang, petugas terminal, stasiun, bandara, pelabuhan bisa menerima informasi yang lebih informatif, tidak membosankan dan tentunya menarik.

Demikianlah informasi seputar pengertian, elemen, jenis dan manfaat dari multimedia yang perlu KAmu ketahui. Semoga tulisan yang kami sajikan diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Komentar

Postingan Populer