5 Teknologi Canggih Masa Depan, Sebagian Sudah mulai Muncul

Perkembangan teknologi terus berkembang pesat, inovasinya juga disesuaikan dengan kebutuhan manusia untuk mempermudah kehidupan. Saat ini, hampir semua aktivitas sehari-hari bergantung pada teknologi. Mulai dari mencuci pakaian hingga memasak.

Kebutuhan manusia yang banyak dan terus bertambah membuat ilmuwan turut menciptakan teknologi baru yang canggih. Cepat atau lambat, di masa depan bisa jadi semua kebutuhan dapat dipenuhi menggunakan teknologi paling canggih.

Bahkan, di tahun 2023 ini beberapa teknologi yang sebelumnya hanya sebuah konsep saja sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. Misalnya seperti ponsel dengan body transparan, sepatu pintar, hingga mobil tanpa supir.

Menarik, kan? Berikut beberapa deretan teknologi canggih di masa depan yang mungkin terwujud.

Teknologi Canggih Masa Depan

Nah, mau tahu teknologi masa depan tercanggih yang sudah atau akan terwujud? Simak beberapa teknologi mengagumkan yang bahkan sebelumnya hanya sebuah khayalan kini menjadi kenyataan:

1. Nothing Phone

Di tahun 2022, sebuah perusahaan teknologi asal London membuat inovasi baru dalam jenis handphone pertama yang bernama Nothing Phone 1. Berbeda dari smartphone bisanya, Nothing Phone yang pernah dimiliki artis Faradilla Yoshi ini memiliki body yang transparan yang memperlihatkan bagian dalam mesin serta menggunakan frame dari aluminium daur ulang.

Selain itu, keberadaan LED di belakangan Nothing Phone memberikan keunikan tersendiri. Lampu LED ini terpasang di sekeliling lensa kamera, pojok kanan atas, tengah ponsel, dan segaris dengan port USB C yang biasa digunakan untuk mendengarkan lagu chord Sewu Kuto. Terdapat lebih dari 900 lampu LED yang memiliki banyak fungsi, seperti penanda notifikasi, nada dering telepon masuk, hingga memberi tahu bahwa ponsel sedang dicharge.

2. Smartphone dengan Layar Fleksibel


Teknologi masa depan handphone fleksibel diinisiasi oleh Samsung. Samsung mengembangkan layar Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED) atau Super AMOLED yang bisa dibengkokkan seperti bentuk tubuh ikan bawal dan bisa dilipat.

Kedepannya, yang akan menjadi tren bukanlah smartphone dengan bodi tipis, tapi adalah fleksibilitas bodi dengan layar penuh yang memudahkan pengguna menyimpan handphone-nya.

Produk ponsel canggih ini pun sudah bisa dibeli secara luas, seperti Samsung Galaxy Z Flip, Huawei Mate XS maupun Motorola RAZR generasi terbaru.

3. Handphone Hologram


Hologram adalah teknologi yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti mencari google scholar jurnal, main hero mage terkuat, atau bisnis. Dengan hologram, kamu dapat melihat visual suatu objek secara 3D dan imersif tanpa harus berada di dekat objek tersebut.

Sebuah proyek menarik dengan teknologi hologram pernah dilakukan untuk membuat penonton berinteraksi langsung dengan survivor holocaust tanpa keberadaannya di panggung.

4. Sneakers Pintar


Sepatu yang pernah dipakai mahasiswa Universitas Atmajaya Yogyakarta ini dapat mendeteksi gerakan penggunanya dari dari berjalan, lari, hingga mendaki. Nantinya sepatu pintar ini akan mengirimkan informasi seperti jarak yang ditempuh, kecepatan, dan jumlah kalori terbakar ke smartphone yang kamu pairing.

Canggihnya, sepatu pintar ini ditenagai baterai yang mampu bertahan selama 60 hari lho, Toppers! Salah satu produk sepatu pintar yang kini bisa kamu temukan di pasaran adalah Nike Adapt BB.

Itulah beberapa teknologi masa depan tercanggih yang akan dan sudah terwujud dalam waktu dekat ini, Toppers. Setiap kemajuan selalu diikuti dengan sisi positif dan negatif. Tapi satu yang pasti, kemajuan teknologi di masa depan akan membuat hidupmu lebih mudah dan berwarna!

Komentar

Postingan Populer